Rabu, 03 April 2013

UP and DOWN DOWN DOWN

Masalahnya tetap, kejar tayang ASIP. Senin stok di kulkas cuma 240 ml, selain yang buat diminum hari itu. Galau terus, kepikiran cukup apa gak nih nambal defisit ASIP buat seminggu ini. Itung-itungan matematis sih ga cukup. Akhirnya kemarin malam dipaksa konsultasi ke dr. Setyo Handryastuti, SpA (K) di Klinik Anakku BSD sama suami biar dapat pencerahan. Padahal ya saya udah tau ya apa yang mau diomongin sama dokternya, ASI itu sumbernya dari pikiran! Suami saya juga udah sering banget ngomong kaya gini, tapi mungkin dia paham kalo istrinya lebih bisa dibilangin sama orang lain jadinya maksa pergi ke dokter.
Pulang kerja beberes dikit langsung berangkat ke kliniknya, antri 4 orang aja. Trus ngobrol deh ama dokternya, intinya dia bilang kalo ngeliat dari grafik pertumbuhan Ken, ASIku cukup kok, ga perlu kuatir. Kebutuhan nutrisinya ga ditentukan dari volume ASIP yang dihasilkan. Bisa aja ASIPnya sedikit tapi sebetulnya kandungan nutrisinya sudah mencukupi kebutuhan bayinya. ASI itu sangat individual, baik secara jumlah maupun komposisinya. ASI dari ibu dengan bayi prematur atau bayi dengan berat lahir rendah akan berbeda komposisinya dengan ASI ibu yang bayinya cukup bulan dan cukup beratnya. Kok bisa gitu?? namanya Kuasa Allah.
Trus bu dokter bilang sekarang pede aja, ASInya pasti cukup yang penting pantau terus grafik pertumbuhannya. Kalau grafiknya mulai mendatar, mau ga mau terpaksa ya harus dibantu dengan susu formula. Pas bulan ke lima biasanya yang mulai keteteran. Minumnya udah tambah banyak.
Alhamdulillah pulang dari konsultasi udah tumbuh lagi pedenya. Mudah-mudahaaan stoknya cukup sampe minggu ini, mudah-mudahan stok minggu depan dan minggu-minggu setelahnya aman terus. Karena Ken alergi protein susu sapi, yang ketahuan waktu saya cobain sufor dan hasilnya muntah terus kolik, jadi saya galau banget kalo stok ASIP menipis soalnya ga ada gantinya. Bisa aja sih ngasih susu soya atau susu khusus yang kadar laktosanya rendah tapi aku ga berani. Takut, kebayang ekspresi mukanya waktu muntah yang sampe sesak napas, bikin trauma.
Doakan ya!


Klinik Anakku BSD
Ruko Golden Madrid II Blok I-8
Telp. 021-5316 4830, 021-7091 3227

4 komentar:

  1. Selamat atas kelahiran Kenzie Jabbar Abimanyu ya mba, semoga menjadi anak yang shalih dan selalu menyejukkan pandangan kedua orang tuanya. Amiiin :)

    Sharing ttg ASIP, emang bener mba klo kekuatan pikiran itu ngaruh banget2 sama ASIP. Makanya klo lagi stress atau galau, ak suka minta pak suami beliin apa gitu buat mood booster. Hihihi kayak ngidam lagi jadinya. Rata2 beneran bikin mood jadi bagus lagi.

    Kejar tayang ASIP ambil sisi positifnya aja mba, bebi Kenzie jadi selalu mengkonsumsi ASIP yang fresh.

    Semangat ya mba Sita ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Rere, seneng deh dpt support kaya gini.. hehe..
      Bener bener bisa bikin tambah optimis.
      Bebi Farrelnya udah 1 tahun yaa?? selamat ulang tahun ya.. selamat udah lulus s2 ASI, setahun lagi jadi doktor deh lulus S3 ASI. Tar Ken nyusuuull..

      Hapus
  2. mbak sita,, salam kenal ^^ kl dokter setyo itu pro ASI ga mbak?saya lg cari2 dokter di sekitaran ciputat-BSD yang komunikatif dan pro ASI?recommended kah dokternya? thanks before ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak.. salam kenal juga.. kalau dr setyo handriastuti sih konselor laktasi mbak.. jadi insyaallah sangat pro asi.
      Beliau cukup sabar sih, cuma ga banyak ngomongnya.. harus banyak ditanya dulu. Kalau ditanya ya penjelasannya banyak dan jelas kok. Cuma kalau masalah harga emang lebih tinggi ya karena beliau kan spesialis syaraf anak..
      Aku udah beberapa kali ganti dsa.. terakhir ama dr. Rasmita Ginting, SpA di Eka Hospital dan cocok.. sepertinya mau konsul ke beliau lagi..
      Semoga membantu ya..

      Hapus