Selasa, 13 Maret 2012

Beef Steak with Black Pepper Sauce and Mashed Potato

Ini mungkin masakan paling cantik yang pernah aku bikin. biasanya palingan cuma tumis-tumis, goreng-goreng, sup apa gitu.. yang ini niat banget deh..

Dapet resep mashed potato dari mbah google, entah resep milik siapa...udah lama banget sampe lupa blognya siapa, maafkan daku ya..

Mashed potato ini super easy dan pasti berhasil, ga ada istilah gagal. Caranya lumatkan kentang rebus yang sudah dikuliti (2 buah), lalu masak dengan butter, susu cair secukupnya kira-kira 150-250 ml, bumbui dengan garam dan lada, kalo mau tambahkan sedikit italian seasoning (ada dijual di supermarket). Aduk terus sampe susu menyerap kedalam kentang. Kalo mau sih, kaya Rachael Ray gitu, ditambah keju parmesan lagi, tambah maknyus kayaknya.

Sebelum masak mashed potato, marinate dulu daging steaknya dengan garam, merica, merica hitam dan kecap asin di dua sisinya, sisihkan. Setelah masak mashed potatonya, grill ato panfried steaknya (di gambar itu aku pan-fried) dengan menggunakan sedikit mentega. Masak sampe di tingkat kematangan yang diinginkan, mau rare, medium ato well done. I prefer well done.

Setelah masak daging, jangan buang minyak-minyak bekas memanggang, tambahi margarin, masukkan tepung, masak sampe tepung matang, masukkan bawang cincang, susu, kaldu daging, bumbui dengan garam, lada dan merica hitam, masak sampe mendidih dan mengental.

Sajikan dengan salad sayuran ato dengan rebusan wortel dan buncis kaya gambar diatas. Kuncinya waktu bikin steak ini, pakailah merica hitam butiran baru digeprek, jangan beli merica hitam yang sudah halus.. karena rasanya kurang nendang..

Kalo mashed potatonya kebanyakan, bisa disimpan di kulkas, kalo mau makan bisa diangetin dengan dimasak pake susu. Kalo bosen, bisa dibikin perkedel ato kroket, tinggal bikin fillingnya aja..


2 komentar:

  1. ta, mashed potato nya disiram saos kental kaya di resto-resto gitu ga? biar tambah gurih gituuh,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi..belum bisa bikin yang saus putih gitu.. tapi di steaknya udah pake saus blackpepper juga mbak. yang itu next project deh.. :)

      Hapus