Selasa, 13 Maret 2012

Wedang Ronde, as easy as 123

Bikin wedang ronde ini super gampang lo (ga bakalan ada resep susah di blog saya ini, selain karena males juga saya ga bisa, hehehe..). Bikinnya ga pake takaran, asal cemplang cemplung aja..

Untuk baksonya, terbuat dari tepung ketan, air, garam sedikit yang diuleni sampai bisa dipulung. Biar lebih lucu, bikin beberapa adonan yang ditambahi pewarna makanan yang beda-beda. Kalo di gambar aku pake warna pink dan putih (Ga keliatan ya?). Isinya kacang tanah goreng (bagusnya disangrai) yang ditumbuk kasar dan dicampur gula pasir. Cara membentuk bola bolanya cukup ambil sejumput adonan, bulatkan kemudian pipihkan. Kemudian isi dengan kacang tanah tadi terus dibulatkan lagi. Rebus bola bola tadi di air yang mendidih, tunggu hingga mengapung, artinya dia udah matang. Kalau udah matang masukkan bola-bola ini di air matang, supaya ga lengket sama yang lainnya.

Sambil bikin adonan bisa sambil bikin kuah rondenya ni, cukup didihkan air, beri irisan jahe dan gula merah/ gula pasir. Semakin banyak jahe, rasanya semakin pedas dan anget.

Udah deh, jadi tinggal dihidangkan aja dengan ditaburi kacang tanah matang utuh. Bisa juga dikasih irisan kolang-kaling. Gampang kaaan??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar